Lampu Lalulintas Adaptif untuk Simpangan Padat Menggunakan Simple Additive Weight

Authors

  • Andri Suhartono Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52985/insyst.v4i1.222

Keywords:

Kemacetan, Lampu Lalulintas Adaptif, Persimpangan, Simple Additive Weight

Abstract

Antrean kendaraan pada suatu simpangan akan menghambat arus pada simpangan lainnya. Lampu lalulintas yang mengatur ketertiban dan kelancaran lalulintas dapat menyebabkan kemacetan lalulintas karena kurang tepatnya pembagian durasi lampu lalulintas menyala hijau dan durasi lampu lalulintas menyala merah untuk setiap lintasan. Masalah pengaturan durasi pada setiap lampu lalu lintasan dapat diselesaikan dengan lampu lalulintas adaptif berdasarkan beberapa kriteria, yaitu jenis kendaraan, panjang antrean kendaraan, keberadaan kendaraan darurat, jumlah kendaraan, jumlah pejalan kaki, dan durasi lampu hijau telah menyala di setiap lintasan. Kriteria yang digunakan ini menjadi kriteria penentu yang digunakan dalam metode simple additive weight (SAW) untuk menentukan lampu lalulintas arah mana yang harus hijau dan seberapa lama lampu lalulintas hijau tersebut harus menyala. Pemilihan metode SAW tersebut didasarkan pada kemampuan metode tersebut dalam mengambil suatu keputusan yang tepat berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dan memiliki proses perhitungan yang cepat serta sederhana. Selain menggunakan metode SAW, persyaratan durasi minimal lampu lalulintas menyala hijau untuk setiap lintasan juga digunakan untuk kenyamanan pengguna jalan, baik penyeberang jalan maupun pengendara kendaraan. Dengan metode ini dalam simulasi persimpangan dengan berbagai jumlah dan jenis kendaraan, diperoleh pengurangan antrean kendaraan sebesar 28% tetapi meningkatkan perubahan pergantian lampu hijau sebesar 70% jika metode ini diterapkan untuk jangka waktu yang lama.

References

M. A. Wiering, J. van Veenen, J. Vreeken, and A. Koopman, “Intelligent traffic light control.” Utrecht University: Information and Computing Sciences, 2004.

S. K. Subramaniam, M. Esro, and F. L. Aw, “Self-algorithm traffic light controllers for heavily congested urban route,” WSEAS Trans. Circuits Syst., vol. 11, no. 4, pp. 115–124, 2012.

F. Baker, “The technology that could end traffic jams,” 2018. https://www.bbc.com/future/article/20181212-can-artificial-intelligence-end-traffic-jams.

M. A. Dewi, “Penggunaan Simple Additive Weighting Dalam Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Bonus Karyawan,” Ultim. InfoSys J. Ilmu Sist. Inf., vol. 9, no. 1, pp. 45–50, 2018.

S. Faye, C. Chaudet, and I. Demeure, “A distributed algorithm for adaptive traffic lights control,” in 2012 15th International IEEE Conference on Intelligent Transportation Systems, 2012, pp. 1572–1577.

A. S. Arifin, F. Y. Zulkifli, and others, “Recent development of smart traffic lights,” IAES Int. J. Artif. Intell., vol. 10, no. 1, p. 224, 2021.

J. Lee, B. Abdulhai, A. Shalaby, and E.-H. Chung, “Real-time optimization for adaptive traffic signal control using genetic algorithms,” J. Intell. Transp. Syst., vol. 9, no. 3, pp. 111–122, 2005.

A. Adzikirani, R. A. Asmara, D. K. P. A. Kusbianto, and others, “Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Estimasi Panjang Antrian Menggunakan Pengolahan Citra,” J. Inform. Polinema, vol. 3, no. 3, p. 20, 2017.

F. Wang, C. Ye, Y. Zhang, and Y. Li, “Simulation analysis and improvement of the vehicle queuing system on intersections based on MATLAB,” Open Cybern. & Syst. J., vol. 8, no. 1, 2014.

E. E. Prasetiyo, O. Wahyunggoro, and S. Sulistyo, “Desain Pengatur Lampu Lalu Lintas Adaptif dengan Kendali Logika Fuzzy,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 3, no. 1, pp. 3–7, 2015.

F. Gündougan, Z. Karagoz, N. Kocyigit, A. Karadag, H. Ceylan, and Y. cSazi Murat, “An evaluation of adaptive traffic control system in istanbul, turkey,” J. Traffic Logist. Eng. Vol, vol. 2, no. 3, 2014.

N. A. o. C. T. Officials, “Urban Street Design Guide," National Association of City Transportation Officials.” https://nacto.org/publication/urban-street-design-guide/intersection-design-elements/traffic-signals/signal-cycle-lengths/.

Downloads

Additional Files

Published

2022-04-30

How to Cite

[1]
A. Suhartono, “Lampu Lalulintas Adaptif untuk Simpangan Padat Menggunakan Simple Additive Weight”, INSYST, vol. 4, no. 1, pp. 07–15, Apr. 2022.