Klasifikasi Teks Humor Bahasa Indonesia Memanfaatkan SVM
DOI:
https://doi.org/10.37823/insight.v3i01.118Keywords:
Klasifikasi Teks, Humor Bahasa Indonesia, SVM.Abstract
Dalam dunia humor banyak sekali ditemukan tipe tipe humor yang bervariasi namun dengan satu tujuan yaitu menghibur penikmat humor, klasifikasi terbesar adalah humor verbal dan non verbal, untuk humor non verbal inilah penelitian ini difokuskan, yaitu melakukan klasifikasi humor oneliner, humor sebaris barupa tulisan singkat yang bertujuan menghantarkan sebuah punchline dan premis dalam satu kalimat.
Penelitian ini akan berusaha melakukan klasifikasi humor menjadi beberapa kategori dengan menggunakan algoritma SVM dan word2vec, klasifikasi ini nantinya diharapkan memisahkan jenis jenis humor oneliner menjadi beberapa tipe sesuai cara penyajiannya, dengan dataset yang didapat dari komedian komedian profesional dan dilakukan proses pengenalan manual oleh ahli di bidangnya, penelitian ini bertujuan menemukan beberapa kelas humor yang akan menjadi cikal bakal pengenalan komputerisasi humor berbahasa indonesia.
References
[2] David O. Siegmund. Applications of conditional probability [Online]:https://www.britannica.com/science/probability-theory/Applications-of-conditional-probability
[Diakses tanggal 13 Febuari 2018]
[3] Errissya Rasywir, Ayu Purwarianti. 2016. Eksperimen pada Sistem Klasifikasi Berita Hoax Berbahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Mesin
[4] Kevin P. Murphy. 2006. Naive Bayes classifier
[5] Barbara Mikkelson, David P. Mikkelson. Snopes [Online]
Tersedia di: http://www.snopes.com
[Diakses pada tanggal 25 Juni 2017]
[6] Thamrin Dahlan. 2016 Bukan Hoax
[7] Verónica Pérez-Rosas, Bennett Kleinberg, Alexandra Lefevre, Rada Mihalcea. 2017. Automatic Detection of Fake News
[8] Wan Hazimah Wan Ismail. 2005. Text Categorization Using Naive Bayes Algorithm
[9] Binsted, K. (1996). Machine humour: An implemented model of puns. PhD the
[10] Binsted, K., Bergen, B., and McKay, J. (2003). Pun and non-pun humour in second-language learning. In Workshop Proceedings, CHI 2003, Fort Lauderdale, Florida.
[11] Binsted, K., Pain, H., and Ritchie, G. (1997). Children’s evaluation of computer-generated punning riddles. Pragmatics and Cognition, 5(2):305–354.