Manajemen Produk dan Pesanan untuk Multichannel E-Commerce Menggunakan Framework Laravel, API Tokopedia dan API Lazada

Authors

  • Winda Utama Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Hartarto Junaedi Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37823/insight.v5i1.228

Keywords:

Lazada, Pesanan, Produk, Tokopedia, Website

Abstract

Indonesia memiliki beragam saluran pasar online yang lazim digunakan oleh masyarakat, seperti Tokopedia dan Lazada. Dengan berkembangnya banyak saluran pasar online maka pemilik toko akan merasa kesulitan saat harus mengatur produk yang dijual dan pesanan yang diterima. Kesulitan ini akan sangat dirasakan pemilik toko ketika ia mempunyai toko di beberapa pasar online berbeda.

Tujuan dari penelitian ini adalah membantu pemilik toko untuk mengatur data produk dan pesanan yang awalnya tersebar di berbagai toko dan beragam pasar online dapat diatur melalui satu portal website saja. Dengan ini, pemilik toko dapat mengatur produk dan pesanan dengan lebih mudah. Selain itu, pemilik toko juga dapat menilai kinerja bisnis secara keseluruhan melalui analisa gabungan data penjualan yang diterima dari semua toko yang telah diintegrasi. Website yang dibuat akan memanfaatkan API Open Platform yang disediakan oleh Tokopedia dan Lazada untuk melakukan akses dan perubahan data dari masing – masing pasar online.

Uji coba yang dilakukan pada website penelitian adalah uji coba kompatibilitas dengan berbagai browser serta uji coba fungsionalitas fitur – fitur yang disediakan. Berdasarkan hasil uji coba didapatkan beberapa kesimpulan. Kesimpulan yang dihasilkan adalah website kompatibel pada berbagai browser dengan minimum resolusi 375 x 667, fungsionalitas website berjalan dengan baik dan semestinya dan yang terakhir ialah website yang dibuat mampu menangani proses mengatur produk dan pesanan dari Tokopedia dan Lazada serta mampu menyajikan laporan kinerja bisnis secara keseluruhan melalui analisa gabungan data penjualan dari Tokopedia dan Lazada.

References

Billiah, Ersandi. 2019. Pengertian dan Tahap Metode SDLC Waterfall. [Online] Available at: https://medium.com/@ersandibillah03/sdlc-waterfall-3a3c893be77b [Accessed 23 November 2021].

BootstrapVue. BootstrapVue Documentation. [Online] Available at: https://bootstrap-vue.org/ [Accessed 2 Februari 2022].

Faradilla. 2022. Apa Itu API? Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat API. [Online] Available at: https://www.hostinger.co.id/tutorial/api-adalah [Accessed 20 April 2022]

Kadir, Abdul. 2010. Mudah Mempelajari Database MySQL. Yogyakarta:Penerbit Andi.

LambdaTest. Browser Compatibility Testing: A Must For Web Apps and Website. [Online] Available at: https://www.lambdatest.com/blog/wpcontent/uploads/2018/03/Browser-compatibility-testing.pdf [Accessed 20 Mei 2022]

Laravel. Laravel 8 Documentation. [Online]. Available at: https://laravel.com/docs/8.x [Accessed 23 November 2021].

Lazada. Lazada Open Platform Documentation. [Online] Available at: https://open.lazada.com/doc/doc.htm [Accessed 23 November 2021].

Rizky, Dimas. 2019. Apa itu SDLC Waterfall?. [Online] Available at: https://medium.com/dot-intern/sdlc-metode-waterfall-5ae2071f161d [Accessed 23 November 2021]

Tokopedia. Tokopedia Seller API Documentation. [Online] Available at: https://developer.tokopedia.com/openapi/guide [Accessed 23 November 2021].

VueJS. VueJS 2 Documentation. [Online] Available at: https://v2.vuejs.org/ [Accessed 2 Februari 2022]

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Utama, W., & Junaedi, H. (2022). Manajemen Produk dan Pesanan untuk Multichannel E-Commerce Menggunakan Framework Laravel, API Tokopedia dan API Lazada . Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.37823/insight.v5i1.228